5 Festival Unik Yang Hanya Ada di Indonesia

Pertunjukan budaya yang mengandung nilai-nilai tradisi teru temurun dari suatu suku atau bangsa tertentu menjadi salah satu daya tarik wisata suatu negara. Kenapa tidak? Sebab keunikan yang dipertunjukkan di dalam pertunjukan budaya itu pun turut menjadi sumber pengetahuan yang sangat bernilai, mungkin bukan untuk semacam ikut menganut atau mempercayainya. Tapi dengan menyaksikan sebuah pertunjukkan budaya, kita bisa belajar menghargai dan mencintai budaya yang lahir di suatu kelompok masyarakat tertentu.

 

Kalau kamu adalah salah satu dari orang-orang yang suka berburu wisata budaya, maka 5 festival budaya unik ini wajib kamu saksikan. Cuma ada di Indonesia loh!

1. Permainan Pasola, Sumba Barat

Pasola adalah sebuah permainan tradisional yang dilakukan oleh warga Sumba yang masih menganut agama Marapu (agama masyarakat lokal Sumba). Permainan ini lebih kepada semacam lempar lembing, dimana para pemainnya akan saling melempar.

Permainan ini masih terus dilakukan oleh empat kampung di Sumbar Barat, yaitu Kodi, Lamboyan, Wonokaka dan Gaura. Biasanya pertunjukan ini digelar pada bulan Maret setiap tahunnya.

2. Rambu Solo, Tanah Toraja

Rambu Solo’ merupakan acara tradisi Tanah Toraja yang diisi dengan prosesi pemakaman orang tua darai kalangan bangsawan yang sudah meninggal. Acar ini digelar sebagai bentuk penghormatan kepada orang yang meninggal supaya rohnya sampai dengan cepat dan selamat.

Puncak dari upacara ini ditandai dengan penyembelihan puluhan kerbau dan ratusan babi yang diiringi musik dan tarian. Semakin berkuasa seseorang, maka semakin banyak kerbau yang disembelih. Sebagian daging tersebut diberikan kepada para tamu dan dicatat, karena hal itu akan dianggap sebagai utang pada keluarga almarhum.

3. Adat Tengger “Yadnya Kasada”, Gunung Bromo

Yadnya Kasada adalah tradisi keagamaan masyarakat Tengger, Bromo. Perayaan ini digelar setiap tahunnya, pada hari ke-14 bulan Kasada, dimana umat Hindu Tengger akan melempar sesaji ke kawah Gunung Bromo. Sesajikan tersebut bisa berupa sayur mayur, buah-buahan, hewan ternak. Mereka mempercayai kalau hal itu sebagai bentuk ucapan syukur atas kesejahteraan yang dianggap telah diberikan Gunung Bromo sepanjang tahun kepada masyarakat sekitar.

Ritual Yadnya Kasada terbuka untuk umum dan biasa dilakukan sejak subuh hari. Saat matahari terbit, barulah masyarakat mendaki Gunung Bromo untuk melempar sesajen.

4. Festival Ya’ahowu, Nias

Festival Ya’ahowu diadakan setiap satu tahun sekali di Desa Bawomataluo. Masyarakat desa ini masih memegang teguh unsur adat istiadat yang ada di kampung halaman mereka. Festival ini mempertunjukkan hiburan berupa gelaran tarian perang. Para penduduk lokal akan tampak mengenakan pakaian tradisional khas Nias. Lalu, akan ada pertunjukan lompat batu yang terkenal.

5. Cap Go Meh, Singkawang

Festival ini biasanya digelar saat perayaan tahun baru Imlek. Perayaan Cap Go Meh yang paling meriah biasanya ada di Singkawang, Kalimantan. Di sini kamu bisa menyaksikan parade kolosal kebudayaan Cina yang berpadu dengan kebudayaan asli Kalimantan.

Tahun ini, festival-festival di atas kemungkinan besar akan digelar oleh pemerintah daerah setempat. Buat kamu yang tertarik pengen tahu dan liat secara langsung, sudah bisa mulai cari-cari informasi dan susun rencana berangkat!

Sumber : Berbagai Sumber/jawaban.com

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Berita Nasional 5 Festival Unik Yang Hanya Ada di Indonesia