Tomohon, Surga Kecil Yang Terlempar di Bumi

Kota Lima Dimensi Tomohon merupakan salah satu kota unik di dataran paling utara Pulau Selebes dan Nusantara. Dalam geliat kepariwisataan di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), keramahan dan senyum menjadi ciri khas masyarakat yang ada secara turun temurun.  Itu ditandai dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan.

 

 

Sebagai suatu kota yang diapit oleh dua gunung api yang aktif yakni Gunung Lokon 1580 Meter DPL dan Gunung Mahawu 1311 Meter DPL menjadikan Kota ini ideal untuk wisata Gunung Api dengan pusat pengamatan gunung api di Sulut. Yang juga dihiasi tanaman bunga yang merupakan bagian dari mata pencaharian warga dari beberapa generasi sampai saat ini. Di mana produksi Bunga  ini menyuplai sebagain besar kebutuhan bunga di Sulut dan sekitarnya.

 

Daya tarik berkunjung ke Tomohon semakin lengkap, karena Kota Tomohon memiliki Danau Linou. Keistimewaan danau ini yakni memiliki beberapa warna, misalnya hijau, biru putih dan coklat susu. Selain itu, pemandangan air mengandung belerang yang mendidih. Sambutan unik dari burung-burung belibis yang berenang bebas di danau dekat pengunjung serta hamparan pepohonan yang didiami burung-burung yang terdiri dari jenis seperti Burung Raja Udang, Burung Hantu, Burung Pipit, Burung Bangau serta jenis lainnya. Ketika berada di Tomohon anda juga dapat mengunjungi beberepa danau yang ada seperti Sineleyan, Danau Limaney dan yang lainnya.

 

Selanjutnya Kota sejuk Tomohon juga menyambut anda dengan beragam extrim kuliner yang ada dapat saksikan melalui pasar tradisional Tomohon yang menyediakan beragam bahan kuliner berbasis kartun kuliner seperti Micky Mouse atau Tikus Hutan, Scooby Doo (Daging Anjing), Batman (Kelelawar) atau Paniki, Pyton (Uar Piton) Babi Hutan, Kucing Hutan serta beragam jenis sayur-sayuran dari hutan yang bebas dari peptisida. Jenis-jenis kuliner ini ada sebagian besar yang dikonsumsi sebagai obat untuk beberapa penyakit.

 

Ketika anda ingin merasakan kesejukan dan ketengan hati sekaligus menyaksikan pemandangan alam yang hijau dengan taman yang begitu asri maka kawasan Bukit Doa Jalan Mahawu menjadi tujuan rekreasi para wisatawan lintas agama. Bukit doa ini menjadi obyek wisata religi bagi umat kristiani pun bagi wisatawan lainnya karena sajian alami dalam pesona alam dan nuansa ibadah dalam ketenangan hati dapat kita nikmati di tempat ini baik bersama keluarga maupun rekanan dalam bisnis. Alasan penting lainnya adalah hamparan luas pemandangan dan panorama pertanian Rurukan yang menyajikan teras-teras pertanian dengan landscape tanah yang membentuk secara alami seperti amphiteater dengan dikelilingi komoditi sayur mayur yang menjadi mata pencaharian pokok masyarakat yang ditanam kemudian hasilnya dikirim ke beberapa provinsi seperti Papua, Kalimantan dan Maluku. Dari sekitar lokasi ini, anda akan merasa berada di negeri awan karena wilayah ini sering di selimuti kabut dan merupakan wilayah yang paling tinggi di Kota Tomohon yakni 1100-1200 meter di atas permukan laut, menjadikan daerah ini ideal untuk pertanian sayur mayur dengan beberapa puncak bukit yang menjadi tempat-tempat wisata seperti Bukit Temboan dan Bukit Tintingon.

 

Melalui keberagaman suku agama dan ras dari penduduk menjadi magnet bagi siapapun untuk datang dan berkunjung menikmati Kota Tomohon. Aspek menarik lainnya, Tomohon memiliki Kampung Jawa, padahal masyarakat daerah ini sebagian besar penganut Kristen yang taat. Namun, keberagaman kepercayaan menjadikan kota ini barometer kerukunan umat beragama karena keamanan dan kedamaian dalam hidup bermasyarakat terus terjaga melalui wadah kamunikasi seperti BKSAUA, FKUB, BAMAG serta FKDM yang didukung sepenuhnya pemerintah Kota Tomohon melalui peran Walikota Jimmy F Eman SE AK da Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan bersama seluruh masyarakat Kota Tomohon.

 

“Tomohon memang luar biasa. Tidak sulit untuk berkunjung di daerah ini. Semuanya ada di sini,” aku Fernando Tan, salah satu pengunjung Danau Linow, Minggu (8/1).

Bagi dia, Tomohon ibarat surga kecil yang terlempar ke bumi. Sehingga, perjalanan liburan tidak membosankan. “Ini seperti surga kecil di bumi. Alamnya segar, ditambah keramahan masyarakat. Saya akan merekomendasikan tempat ini kepada relasi saya dimanapun saya berada,” aku Tan yang diketahui merupakan salah satu pengusaha muda di bidang property.

(mediasulut.co)

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Berita Nasional Tomohon, Surga Kecil Yang Terlempar di Bumi