banner

Kota Tomohon Raih Penghargaan Kawastara Pawitra

TOMOHON - Pemerintah Kota Tomohon kembali menelurkan prestasi di bidang pendidikan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI memberikan penghargaan Kawastara Pawitra kepada Wali Kota Jimmy Feidie Eman yang diwakili Gerardus Mogi, Kepala Dinas Pendidikan Daerah di Ballroom Novotel Solo, Jawa Tengah, Sabtu (15/10).

 

Gerardus Mogi usai pemerimaan Penghargaan menungkapkan, Kawastara Pawitra adalah penghargaan dari Pemerintah Pusat kepada kepala daerah yang dianggap memiliki komitmen membangun dunia pendidikan, khususnya lewat Program Penyiapan Calon Kepala Sekolah (PPCKS) di daerah masing-masing.

Lanjut Mogi, Pemerintah Pusat menilai Kota Tomohon merupakan daerah yang dinilai berhasil dalam memberdayakan Kepala Sekolah dengan memanfaatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) serta dana swadaya masyarakat.

Dari 113 daerah penerima penghargaan, Kota Tomohon merupakan satu-satunya daerah di Sulut yang mendapatkan penghargaan.

Eman ketika dimintai tanggapan menyangkut penghargaan tersebut, Ia mengatakan Pemkot Tomohon terus berupaya tentu melakukan yang terbaik untuk kemajuan sekolah dan dunia pendidikan pada umumnya. Satu di antaranya dengan penempatan kepala sekolah

"Penempatan kepala sekolah tentu dilakukan dengan sebaik mungkin untuk kemajuan dunia pendidikan," ungkapnya.

Menerima Penghargaan Kawastara Pawitra merupakan wujud komitmen Pemkot Tomohon dalam menegakkan dan menjalankan regulasi terutama di bidang pendidikan.

"Dengan begitu, terbangun sinkronisasi kerja antara pusat dan daerah, khususnya dalam membangun peran guru sebagai Kepala Sekolah," ungkap dia.

Siswandari, Ketua Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) mengatakan, PPCKS merupakan program pemerintah di bawah Kemendikbud RI yang diimplementasikan secara terstandar di seluruh Indonesia.

Adapun dampak yang dirasakan sangat baik bagi manajemen sekolah dan terjamin kelanjutannya.

Apalagi, sejauh ini PPCKS sudah dilaksanakan pada 334 kabupaten atau kota di seluruh Indonesia termasuk Kota Tomohon.

Mendikbud Muhadjir menyampaikan, pesan kepada para pendidik khususnya kepala sekolah untuk siap melakukan perubahan, sejalan dengan komitmen kepala daerah dalam memajukan dunia pendidikan di daerahnya masing-masing.

"Penghargaan ini merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan kepala daerah dalam meningkatkan mutu pendidikan di daerah yang dipimpinnya," ujarnya.

Hal itu tertuang dalam Permendiknas nomor 28 Tahun 2010 yang adalah komitmen kita dalam meningkatkan pendidikan khususnya di ruang lingkup tenaga pendidik.

Sumber: Tribun Manado

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Berita Daerah Kota Tomohon Raih Penghargaan Kawastara Pawitra