banner

Kadis PU Manado : Perbaikan Akibat Bencana Rp 30 Miliar

Tribun Manado - Rabu, 13 Maret 2013 00:40 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Herviansyah
TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Manado Ferry Siwi mengatakan anggaran untuk perbaikan jalan, saluran dan talud yang rusak akibat bencana mencapai Rp30 miliar. Hal tersebut setelah dilakukan perhitungan secara keseluruhan.


"Hasil perhitungan yang kami lakukan, jalan yang rusak akibat bencana mencapai sekitar 9,8 kilometer," ujarnya, Selasa (12/3/2013).

Siwi menambahkan untuk perbaikan sementara jalan, saluran dan talud yang rusak, pihaknya lewat Pemko Manado sudah mengusulkan anggaran sebesar Rp30 miliar ke pemerintah pusat dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BPBN). Setelah mengajukan permohonan tinggal menunggu berapa yang disetujui.

"Pengajuan anggaran diajukan lewat badan bencana dan sisanya di PU, karena infrastruktur yang rusak disebabkan bencana alam, sedangkan dana pemeliharaan yang ada di PU Manado tidak cukup untuk untuk memperbaikinya," ungkapnya..

Menurut dia kerusakan akibat bencana bukan hanya jalan-jalan yang dihantam banjir dan tanah longsor saja, namun area disekitarnya yang menjadi jalur alternatif sebab akses utama tertutup dan itu menyebabkan kerusakan juga walaupun tidak parah. Selain itu biaya pemeliharaan menjadi besar, karena kerusakan yang terjadi dispot tertentu membuat pekerjaan terpotong-potong dan itu justru biayanya lebih mahal.

Dalam perbaikan nanti, yang akan dilakukan bukan hanya badan jalan yang rusak saja, melainkan sampai penahan badan jalan pun harus diperbaiki, sebab jika tidak akan membuat kerusakan menyeluruh. "Yang jelas akan kami perbaiki sebisanya dulu walaupun tak semulus sebelumnya, yang pentingnya aksesnya bisa terbuka dan bisa dilewati," tuturnya.

Sedangkan wilayah yang diperbaiki antara lain Kecamatan Singkil, Paal 2, Wanea, Tuminting dan Bunaken. Untuk lokasi paling parah akibat bencana alam di kawasan Karame.

 

Soldier of God

 

Alamat Radio
Depan SPBU Kakaskasen 2
Kota Tomohon Sulawesi Utara

Happy Holy Kids Tomohon

 

Contact Person
Email: This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.
No tlpn kantor: 0431-356364

Rumah Kost Eirene

 

Contact Interaktif
No tlpn interaktif: 0431-354100
SMS: 085256434100
Home Artikel News Berita Daerah Kadis PU Manado : Perbaikan Akibat Bencana Rp 30 Miliar